Webinar “Motivasi Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi”

SMAN 5 Bandar Lampung menggelar webinar “Motivasi Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi”, Selasa, 14 Juli 2020. Kegiatan tersebut guna memberikan motivasi bagi siswa dalam melanjutkan studi usai lulus sekolah.

Kepala Sekolah Dra. Hj. Hayati Nufus mengatakan, lulusan tahun 2019/2020 hanya 42,2 persen murid yang berhasil lolos seleksi SNMPTN dan SPAN-PTKIN. Ia menargetkan tahun 2021 mendatang terdapat 80 persen siswanya lolos perguruan tinggi tanpa tes. 

“Tahun ini yang diterima SNMPTN dan SPAN-PTKIN hanya 144 dari 341 baru 42,2 persen yang diterima tanpa tes di PTN,” ujarnya.

Ia menjelaskan, kegiatan tersebut bertujuan memberikan wawasan kepada murid tentang perguruan tinggi. Sehingga, saat lulus sekolah murid bisa menentukan jurusan sesuai passionnya.

Dalam kegiatan tersebut pihaknya mengundang Kepala BPPMB Unila Dr. Eng. Helmy Fitriawan. Dalam kesempatan itu, ia menyampaikan tentang tips dan kiat-kiat agar lolos seleksi di PTN.

Ia menuturkan, langkah awal melanjutkan studi ke perguruan tinggi adalah menentukan pilihan kampus tujuan sesuai kemampuan diri. Selain itu, ia juga mengatakan murid harus memiliki alternatif perguruan tinggi tujuan.

“Yang tak kalah penting adalah mencari informasi baik terkait seleksi maupun tentang kampus tujuan. Lalu belajar dan berdoa,” pungkasnya.

Diketahui, webinar tersebut diikuti oleh 501 siswa kelas 11 dan 12. Selain murid, sejumlah guru juga turut ikut serta mengikuti kegiatan itu